Suatu rencana Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diawali dengan
adanya masalah yang dirasakan atau disadari oleh guru sebagai pengelola
pembelajaran. Garis besar Identifikasi Masalah diawali ketika guru merasa bahwa
ada sesuatu yang harus diperbaiki di kelasnya, yang jika dibiarkan akan
berdampak buruk bagi peroses dan hasil belajar siswa. Misalnya, ada sekelompok
siswa yang mengalami kesulitan yang sama dalam mempelajari suatu bagian
pelajaran, ada siswa yang tidak disiplin mengerjakan tugas, atau hasil belajar
siswa menurun secara drastic. Anda dapat mengemukakan contoh lain dari
pengalaman Anda sendiri dalam mengelola peroses pembelajaran. Masalah yang
dirasakan guru mungkin masih kabur, sehingga guru perlu merenung atau melakukan
refleksi agar masalah tersebut menjadi semakin jelas.
Hopkins (1993) menekankan bahwa pada awalnya guru
mungkin bingung untuk mengidentifikasi masalah, oleh karena itu, guru tidak
selalu harus mulai dengan masalah. Guru dapat mulai dengan suatu gagasan untuk
melakukan perbaikan, kemudian mencoba memfokuskan gagasan tersebut. Meskipun
demikian akan lebih baik bila mana Anda mengawalinya dengan menemukan suatu
masalah yang benar-benar nyata dihadapi karena hal itu akan mempermudah
merumuskan bentuk tindakan perbaikan yang sesuai.
Sudarsono (1996/1997 : 5) mengungkapkan beberapa
pertanyaan yang dapat dijadikan panduan untuk mengidentifikasi masalah, yaitu :
- Apa yang menjadi keprihatinan anda (guru, kepala sekolah) ?
- Mengapa anda memperhatikannya ?
- Menurut anda, apa yang dapat anda lakukan untuk itu ?
- Bukti-bukti apa yang dapat anda kumpulkan agar dapat membantu membuat penilaian tentang apa yang terjadi ?
- Bagaimana anda mengumpulkan bukti-bukti tersebut ?
- Bagaimana anda melakukan pengecekan terhadap kebenaran dan keakuratan tentang apa yang telah terjadi ?
Tidak jauh berbeda dengan pendapat di atas, Wardani (2003:2.5)
memamparkan beberapa bentuk pertanyaan sederhana untuk menjadi acuan di dalam
mengidentifikasi masalah yang dapat dijawab oleh guru sendiri :
- Apa yang sedang terjadi di kelas ?
- Masalah apa yang ditimbulkan oleh kejadian itu ?
- Apa pengaruh tersebut bagi kelas saya ?
- Apa yang akan terjadi jika masalah tersebut saya biarkan ?
- Apa yang saya dapat lakukan untuk mengatasi masalah tersebut atau memperbaiki situasi yang ada?
Labels:
Pe Te Ka
Thanks for reading Cara Mengidentifikasi Masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Please share...!
0 Komentar untuk "Cara Mengidentifikasi Masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK)"