
Pendidikan dapat diartikan secara beragam tergantung dari
sudut pandang mana pendidikan itu ditinjau. Mengenai pegertian pendidikan,
banyak tokoh pendidikan yang turut mengartikan atau mendefinisikan dari sudut
pandang keilmuannya masing-masing. Berikut disajikan Pengertian Pendidikan menurut para Ahli Pendidikan.
Prof. H. Mahmud Yunus:
Yang dimaksud pendidikan ialah suatu usaha yang dengan
sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan membantu anak yang bertujuan untuk
meningkatkan ilmu pengetahuan, jasmani dan akhlak sehingga secara perlahan bisa
mengantarkan anak kepada tujuan dan cita-citanya yang paling tinggi. Agar
memperoleh kehidupan yang bahagia dan apa yang dilakukanya dapat bermanfaat
bagi dirinya sendiri, masyarakat, bangsa, negara dan agamanya.
John Dewey:
Menurutnya pendidikan merupakan suatu proses pengalaman.
Karena kehidupan merupakan pertumbuhan, maka pendidikan berarti membantu
pertumbuhan batin manusia tanpa dibatasi oleh usia. Proses pertumbuhan adalah
proses penyesuaian pada setiap fase dan menambah kecakapan dalam perkembangan
seseorang melalui pendidikan.
M.J. Langeveld:
Pendidikan merupakan upaya dalam membimbing manusia yang
belum dewasa kearah kedewasaan. Pendidikan adalah suatu usaha dalam menolong
anak untuk melakukan tugas-tugas hidupnya, agar mandiri dan bertanggung jawab
secara susila. Pendidikan juga diartikan sebagai usaha untuk mencapai penentuan
diri dan tanggung jawab.
Herman H. Horn:
Pendidikan adalah suatu proses dari penyesuaian lebih tinggi
bagi makhluk yang telah berkembang secara fisik dan mental yang bebas dan sadar
kepada Tuhan seperti termanifestasikan dalam alam sekitar, intelektual,
emosional dan kemauan dari manusia.
Driyarkara:
Pendidikan diartikan sebagai suatu upaya dalam memanusiakan manusia muda atau pengangkatan manusia muda ke taraf yang insani.
Pendidikan diartikan sebagai suatu upaya dalam memanusiakan manusia muda atau pengangkatan manusia muda ke taraf yang insani.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI):
Pendidikan yaitu sebuah proses pembelajaran bagi setiap
individu untuk mencapai pengetahuan dan pemahaman yang lebih tinggi mengenai
obyek tertentu dan spesifik. Pengetahuan yang diperoleh secara formal tersebut
berakibat pada setiap individu yaitu memiliki pola pikir, perilaku dan akhlak
yang sesuai dengan pendidikan yang diperolehnya.
Ki Hajar Dewantara:
Menurutnya pendidikan adalah suatu tuntutan di dalam hidup
tumbuhnya anak-anak. Maksudnya ialah bahwa pendidikan menuntun segala kekuatan
kodrat yang ada pada peserta didik agar sebagai manusia dan anggota masyarakat
dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan hidup yang setinggi-tingginya.
Stella van Petten Henderson:
Pendidikan yaitu suatu kombinasai dari pertumbuhan dan
perkembangan insani dengan warisan sosial.
Kohnstamm dan Gunning:
Pendidikan merupakan suatu pembentukan hati nurani manusia,
yakni pendidikan ialah suatu proses pembentukan dan penentuan diri secara etis
yang sesuai dengan hati nurani.
Horne:
Menyatakan bahwa pendidikan adalah proses yang
dilakukan secara terus menerus dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi manusia
yang telah berkembang secara fisik dan mentalnya.
Frederick J. Mc Donald:
Pendidikan ialah suatu proses yang arah tujuannya adalah
merubah tabiat manusia atau peserta didik.
Ahmad D. Marimba:
Mengemukakan bahwa pendidikan ialah suatu proses bimbingan
yang dilaksanakan secara sadar oleh pendidik terhadap suatu proses perkembangan
jasmani dan rohani peserta didik, yang tujuannya agar kepribadian peserta didik
terbetuk dengan sangat unggul. Kepribadian yang dimaksud ini bermakna cukup
dalam yaitu pribadi yang tidak hanya pintar, pandai secara akademis saja, akan
tetapi baik juga secara karakter.
Carter V. Good:
Mengartikan pendidikan sebagai suatu proses perkembangan
kecakapan seseorang dalam bentuk sikap dan prilaku yang berlaku dalam
masyarakat. Proses dimana seseorang dipengaruhi oleh lingkungan yang terpimpin
khususnya didalam lingkungan sekolah sehingga dapat mencapai kecakapan sosial
dan dapat mengembangkan kepribadiannya.
Ensiklopedi Pendidikan Indonesia:
Menjelaskan mengenai pendidikan, yaitu sebagai proses
membimbing manusia atau anak didik dari kegelapan, ketidaktahuan, kebodohan,
dan kecerdasan pengetahuan.
UU No.20 tahun 2003:
Pendidikan merupakan suatu usaha yang dilakukan
secara sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana dan proses
pembelajaran agar peserta didik secara aktif mampu mengembangkan potensi yang
ada didalam dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian
yang baik, pengendalian diri, berakhlak mulia, kecerdasan,dan
keterampilan yang diperlukan oleh dirinya dan masyarakat.
Abdullah Ibnu Al-Muqafah:
Pendidikan adalah kebutuhan untuk mendapatkan sesuatu yang
akan menguatkan dan mencapai peradapan yang tinggi atau kesempurnaan yang
merupakan santapan akan serta rohaninya
Plato:
Pendidikan adalah sesuatu yang dapat membantu perkembangan
individu dari jasmani dan akal dengan sesuatu yang dapat memungkinkan
tercapainya sebuah kesempurnaan
Mary McLeod Bethune:
Pendidikan dalam arti sempit adalah suatu perbuatan atau
proses untuk memperoleh sebuah pengetahuan.
Edgar Dale:
Pendidikan adalah suatu usaha yang dilakukan dengan sadar
oleh keluarga, masyarakat atau pemerintah melalui bimbingan, pengajaran,
pembelajaran dan pelatihan yang berlangsung, baik dilakukan disekolah maupu
diluar sekolah sepanjang hidup untuk mempersiapkan peseta didik agar dapat
menjalankan perannya dalam lingkungan untuk masa yang akan datang.
Thedore Brameld:
Pendidikan adalah suatu proses yang lebih luas dari pada
proses berlangsungnya dalam sekolah. Pendidikan adalah suatu kegiatan sosial
yang memungkinkan masyarakat tetap ada dan terus berkembang.
Prof.Zaharai Indris, M.A.:
Pendidikan adalah serangkaian kegiatan berkomunikasi yang
bertujuan supaya manusia dewasa atau pendidik dengan peserta didik saling
bertatap muka atau dengan menggunakanmedia dalam rangka ma\emberikan bantuan
pada perkembangan anak dengan utuh.
Ahmad D. Marimba:
Pendidikan adalah pimpinan atau bimbingan secara sadar oleh
pihak pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rihani anak didik menuju
terbentuknya kepribadian yang utama
An-Nahlawi:
Pendidikan dalam bahsa Arab adalah tarbiyah, arti tarbiyah
atau pendidikan ialah segala usaha dalam megurus, mengatur dan memperbaiki
segala sesuatu atau potensi yang sudah ada dari lahir agar tumbuh dan
berkembang menjadi lebih dewasa.
Ibnu Sina:
Pendidikan atau pembelajaran berkaitan dengan seluruh aspek
yang ada pada diri manusia, mulai dari fisik, mental ataupun moral. Pendidikan
dilarang mengabaikan perkembangan fisik dan apapun yang memiliki pengaruh
terhadap perkembangan fisik seperti olahraga, meinuman, makanan, kebersihan dan
tidur. Jadi pendidikan tidak hanya memperhatikan aspek moralnya saja namun juga
membentuk individu yang menyeluruh termasuk jiwa, karakter dan fikiran.
Godfrey Thomson:
Pendidikan adalah pengaruh lingkungan atas individu untuk
menghsilkan perubahan tepat di dalam kebiasaan atau adat tingkah laku, pikiran
dan perasannya.
UNESCO:
“education is now engaged is preparinment for a tife Society
which does not yet exist” atau bahwa pendidikan itu sekarang adalah untuk
mempersiapkan manusia bagi suatu tipe masyarakat yang masih belum ada. Konsep
system pendidikan mungkin saja berubah sesuai dengan perkembangan masyarakat
dan pengalihan nilai-nilai kebudayaan (transfer of culture value). Konsep
pendidikan saat ini tidak dapat dilepaskan dari pendidikan yang harus sesuai
dengan tuntutan kebutuhan pendidikan masa lalu,sekarang,dan masa datang.
Darmaningtyas:
Pendidikan adalah pendidikan sebagai usaha dasar dan
sistematis untuk mencapai taraf hidup dan kemajuan yang lebih baik
Paulo Freire:
Pendidikan adalah jalan menuju pembebasan yang permanen dan
terdiri dari dua tahap. Tahap pertama adalah masa dimana manusia menjadi sadar
akan pembebasan mereka, damana melalui praksis mengubah keadaan itu. Tahap
kedua dibangun atas tahap yang pertama, dan merupakan sebuah proses tindakan
kultural yang membebaskan.
H. Horne:
Pendidikan adalah proses yang terus menerus (abadi) dari
penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara
fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada vtuhan, seperti termanifestasi
dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia
S.A. Bratanata dkk:
Pendidikan adalah usaha yang sengaja diadakan baik langsung
maupun dengan cara yang tidak langsung untuk membantu anak dalam perkembangannya
mencapai kedewasaan
Drs. Wasty Soemanto. M.Pd:
Pendidikan adalah proses pembelajaran yang menghasilkan
pengalaman yang memberikan kesejahteraan pribadi, baik lahir maupun bathiniah
Prof. Dr. Dedi Supriadi:
Pendidikan adalah salah satu fungsi yang harus dapat
dilakukan dengan sebaik-baiknya oleh keluarga dan masyarakat secara terpadu
dengan berbagai institusi yang memang diadakan dengan sengaja untuk
mengembangkan fungsi pendidikan
Girex B:
Pendidikan adalah berbagai upaya dan usaha yang dilakukan
orang dewasa untuk mendidik nalar peserta didik dan mengatur moral mereka.
Dr. Sutari Imam Bernadib:
Ilmu pendidikan adalah mempelajari suasana dan proses-proses
pendidikan. Proses yang dimaksud adalah cara-cara yang dilakukan untuk
memperoleh pendidikan secara sistematis dan bertahap
Drs. M. Ngailim Purwanto:
Ilmu pendidikan ialah ilmu pengetahuan yang menyelidiki,
merenungkan tentang gejala-gejala perbuatan mendidik
Wikipedia:
Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan,
dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi
berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian
Dari beberapa pengertian tersebut tentang definisi pendidikan,
maka kurang kebih dapat disimpulkan bahwa pendidikan ialah bimbingan yang
diberikan kepada anak dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya untuk mencapai
tingkat kedewasaan dan bertjuan untuk menambah ilmu pengetahuan, membentuk
karakter diri, dan mengarahkan anak untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
Pendidikan juga bisa diartikan sebagai usaha sadar yang bertujuan untuk
menyiapkan peserta didik dalam belajar melalui suatu kegiatan pengajaran,
bimbingan dan latihan demi peranannya dimasa yang akan datang.
Demikian sajian informasi mengenai Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli yang dapat Penulis sampaikan. Semoga Bermanfaat.
Labels:
Pendidikan
Thanks for reading Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli. Please share...!
0 Komentar untuk "Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli"