Setelah sebelumnya dibahas Karakteristik Penelitian TindakanKelas (PTK) berikut disajikan mengenai Fungsi dan Tujuan Penelitian TindakanKelas (PTK) sebelum dibahas detail bagaimana langkah-langkah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) itu dilakukan.
Fungsi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Fungsi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Secara umum, PTK berfungsi sebagai alat/ instrumen bagi
seorang guru untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dilakukan di depan
kelas. Adapun fungsi PTK secara khusus, yaitu:
- Mendiagnosis masalah-masalah pembelajaran yang timbul di kelas
- Memecahkan masalah-masalah khusus pembelajaran yang dihadapi oleh guru dan siswa di kelas
- Meningkatkan dan atau memperbaiki kenyataan, keadaan dan situasi di lapangan, yang dalam hal ini lapangan pembelajaran
- Mencobakan atau menguji-cobakan hal-hal baru dalam pembelajaran atau hasil-hasil inovasi pembelajaran
- Memantapkan pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru supaya praktik pembelajaran berkualitas
- Mengembangkan kecakapan-kecakapan baru para guru yang cocok dan dapat dipakai untuk mengatasi masalah pembelajaran yang diaplikasikan secara langsung dalam ajang kelas
- Memperkuat tanggung jawab guru terhadap perencanaan dan pelaksanaan kurikulum
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian tindakan kelas
(PTK), yaitu:
- Memperbaiki dan meningkatkan mutu praktik pembelajaran yang dilaksanakan guru demi tercapainya tujuan pembelajaran.
- Memperbaiki dan meningkatkan kinerja pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru.
- Mengidentifikasi, menemukan solusi dan mengatasi masalah pembelajaran di kelas agar pembelajaran bermutu.
- Meningkatkan dan memperkuat kemampuan guru dalam memecahkan masalah-masalah pembelajaran dan membuat keputusan yang tepat bagi siswa dan kelas yang diajarnya.
- Mengeksplorasi dan membuahkan kreasi-kreasi dan inovasi-inovasi pembelajaran (misalnya : pendekatan, metode, strategi dan media) yang dapat dilakukan oleh guru demi peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran.
- Mencobakan gagasan, pikiran, kiat, cara dan strategi baru dalam pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran selain kemampuan inovatif guru.
- Mengeksplorasi pembelajaran yang selalu berwawasan atau berbasis penelitian agar pembelajaran dapat bertumpu pada realitas empiris kelas, bukan semata-mata bertumpu pada kesan umum atau asumsi.
Basrowi & Suwandi;
Tujuan PTK adalah memperbaiki dan meningkatkan kualitas
pembelajaran serta membantu memberdayakan guru dalam memecahkan masalah
pembelajaran di sekolah (Muslich, hal. 10). Menurut Suyanto (1997), tujuan PTK
adalah meningkatkan dan/atau memperbaiki praktik pembelajaran di sekolah,
meningkatkan relevansi pendidikan, meningkatkan mutu pendidikan, dan efisiensi
pengelolaan pendidikan.
Mohammad Asrori;
Tujuan PTK ini dapat dicapai dengan cara melakukan berbagai
tindakan untuk memecahkan berbagai permasalahan pembelajaran yang selama ini
dihadapi, baik yang disadari maupun yang tidak disadari. Oleh karena itu fokus
utama penelitian tindakan kelas adalah terletak kepada tindakan-tindakan
alternatif yang dirancang oleh guru kemudian di cobakan, dan dievaluasi untuk
mengetahui efektivitas tindakan-tindakan alternatif itu dalam memecahkan
masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru.
Suyanto;
Ada tujuan penyerta yang juga tercapai sekaligus dalam
kegiatan penelitian itu. Tujuan penyerta yang dapat dicapai adalah terjadinya
proses latihan dalam jabatan oleh guru selama proses penelitian tindakan kelas
dilakukan.
Borg;
Tujuan utama penelitian tindakan adalah pengembangan
keterampilan guru berdasarkan persoalan-persoalan pembelajaran yang dihadapi
guru di kelasnya sendiri, dan bukannya bertujuan untuk pencapaian pengetahuan
umum dalam bidang pendidikan.
Suhadjono
Tujuan penelitian tindakan kelas itu adalah :
- Meningkatkan mutu isi, masukan, proses, serta hasil pendidikan dan pembelajaran disekolah
- Membantu guru dan tenaga kekependidikan lainnya mengatasai masalah pembelajaran dan pendidikan di dalam kelas.
- Meningkatkan sikap professional pendidik dan tenaga kependidikan
- Menumbuh-kembangkan budaya akademik dilingkungan sekolah sehingga tercipta sikap proaktif di dalam melakukan perbaikan mutu pendidikan dan pembelajaran secara berkelanjuta (sustainable)
Tujuan PTK dapat digolongkan atas dua jenis, tujuan utama
dan tujuan sertaan. Tujuan-tujuan tersebut adalah sebagai berikut.
- Tujuan utama pertama, melakukan perbaikan dan peningkatan layanan professional Guru dalam menangani proses pembelajaran. Tujuan tersebut dapat dicapai dengan melakukan refleksi untuk mendiagnosis kondisi, kemudian mencoba secara sistematis berbagai model pembelajaran alternatif yang diyakini secara teoretis dan praktis dapat memecahkan masalah pembelajaran. Dengan kata lain, guru melakukan perencanaan, melaksanakan tindakan, melakukan evaluasi, dan refleksi.
- Tujuan utama kedua, melakukan pengembangan keteranpilan Guru yang bertolak dari kebutuhan untuk menanggulangi berbagai persoalan aktual yang dihadapinya terkait dengan pembelajaran. Tujuan ini dilandasi oleh tiga hal penting, (1) kebutuhan pelaksanaan tumbuh dari Guru sendiri, bukan karena ditugaskan oleh kepala sekolah, (2) proses latihan terjadi secara hand-on dan mind-on, tidak dalam situasi artifisial, (3) produknyas adalah sebuah nilai, karena keilmiahan segi pelaksanaan akan didukung oleh lingkungan.
- Tujuan sertaan, menumbuh kembangkan budaya meneliti di kalangan Guru.
Tujuan utama PTK adalah untuk memecahkan permasalahan nyata
yang terjadi di dalam kelas sekaligus mencari jawaban ilmiah mengapa hal
tersebut dapat dipecahkan melalui tindakan yang akan dilakukan. PTK juga
bertujuan untuk meningkatkan kegiatan nyata guru dalam pengembangan profesinya.
Tujuan khusus PTK adalah untuk mengatasi berbagai persoalan nyata guna
memperbaiki atau meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas. Secara
lebih rinci tujuan PTK antara lain:
- Meningkatkan mutu isi, masukan, proses, dan hasil pendidikan dan pembelajaran di sekolah.
- Membantu guru dan tenaga kependidikan lainnya dalam mengatasi masalah pembelajaran dan pendidikan di dalam dan luar kelas.
- Meningkatkan sikap profesional pendidik dan tenaga kependidikan.
- Menumbuh-kembangkan budaya akademik di lingkungan sekolah sehingga tercipta sikap proaktif di dalam melakukan perbaikan mutu pendidikan/pembelajaran secara berkelanjutan.
- Peningkatan atau perbaikan kinerja siswa di sekolah.
- Peningkatan atau perbaikan mutu proses pembelajaran di kelas.
- Peningkatan atau perbaikan kualitas penggunaan media, alat bantu belajar, dan sumber belajar lainya.
- Peningkatan atau perbaikan kualitas prosedur dan alat evaluasi yang digunakan untuk mengukur proses dan hasil belajar siswa.
- Peningkatan atau perbaikan masalah-masalah pendidikan anak di sekolah.
- Peningkatan dan perbaikan kualitas dalam penerapan kurikulum dan pengembangan kompetensi siswa
Labels:
Pe Te Ka,
Penelitian
Thanks for reading Memahami Fungsi dan Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Please share...!
0 Komentar untuk "Memahami Fungsi dan Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)"