Tindakan Kelas merupakan tindakan pembelajaran kelas yang
akan dilakukan, dan dari segi definisi harus berorientasi ke depan dan harus
memperhitungkan peristiwa-peristiwa tak terduga, sehingga mengandung sedikit
resiko. Oleh karenanya,rencana mesti cukup fleksibel agar dapat
diadaptasikan dengan pengaruh yang tak dapat terduga dan kendala yang
sebelumnya tidak terlihat. Tindakan yang telah direncanakan harus disampaikan
dengan dua pengertian. Pertama, tindakan kelas mempertimbangkan resiko yang ada
dalam perubahan dinamika yang terjadi di kelas dan mengakui adanya
kendala nyata, baik yang bersifat material maupunnon-meterial di kelas.
Kedua, tindakan-tindakan pilih karena memungkinkan para guru untuk bertindak
secara lebih efektif dalam tahapan-tahapan pembelajaran, secara lebih bijaksana
dalam memperlakukan siswa, dan cermat dalam mengamati kebutuhan dan
perkembangan belajar siswa.
Hal yang paling harus diperhatikan dalam Rencana Tindakan
PTK bahwa tindakan yang telah direncanakan harus disampaikan dengan dua
pengertian. Pertama, tindakan kelas mempertimbangkan resiko yang ada dalam
perubahan dinamika yang terjadi di kelas dan mengakui adanya kendala
nyata, baik yang bersifat material maupunnon-meterial di kelas. Kedua,
tindakan-tindakan pilih karena memungkinkan para guru untuk bertindak secara
lebih efektif dalam tahapan-tahapan pembelajaran, secara lebih bijaksana dalam
memperlakukan siswa, dan cermat dalam mengamati kebutuhan dan perkembangan
belajar siswa.
Rencana Tindakan PTK hendaknya disusun berdasarkan hasil
pengamatan awal refleksif terhadap pembelajaran di kelas. Misalnya, seorang
guru matematika akan melakukan pengamatan terhadap situasi
pembelajaran matematika di kelas dalam konteks situasi sekolah secara
umum dan mendeskripsikan hasil pengamatan. Untuk memperkuat hasil penguatan
dapat dilakukan wawancara (jika perlu). Dari sini akan mendapatkan gambaran
umum tentang masalah yang ada. Lalu guru meminta sejawat sebagai kolaborator
untuk melakukan pengamatan terhadap proses pembelajaran yang diselenggarakan
guru di kelas. Selama mengamati, kolaborator memusatkan perhatiannya pada
perilaku guru sebagai guru dalam upaya membantu siswa belajar matematika,
dan perilaku siswa selama proses pembelajaran berlangsung, serta suasana
pembelajarannya. Misalnya, hal-hal yang dicatat meliputi:
- Bagaimana guru melibatkan siswanya dari awal (ketika membuka pelajaran).
- Bagaimana guru membantu siswanya, misalnya; 1) memahami isi materi, 2) membantu murid-muridnya yang mengalami kesulitan atau yang pasif.
- Bagaimana guru mengelola kelas, yaitu dalam mengatur tempat duduk, mengontrol penerangan, mengatur suaranya, mengatur pemberian giliran, mengatur kegiatan.
- Bagaimana guru berpakaian.
- Bagaimana murid menanggapi upaya-upaya guru.
- Sejauh mana murid aktif dalam proses pembelajaran.
- Hal-hal lain yang secara teoritis perlu dicatat.
- Suasana kelas.
Berdasar hasil kesepakatan terhadap pencermatan data awal,
dan dipadukan dengan ketersediaan sumber daya, baik manusia maupun non-manusia,
guru bersama kolaborator selanjutnya menyusun rencana tindakan, sebagai
penuntun pelaksanaan tindakan. Rencana tindakan perlu dilengkapi dengan
pernyataan tentang indikator-indikator peningkatan yang akan dicapai atau
menjadi tujuan penelitian. Misalnya, indikator untuk peningkatan keterlibatan siswa
bertanya, keaktifan dalam belajar, kemandirian belajar, motivasi belajar atau
dapat pula berupa hasil belajar diukur sedemikian rupa sesuai dengan kriteria
ketuntasan minimal (KKM).
Pada prinsipnya, tindakan yang guru rencanakan hendaknya; 1)
membantu guru sendiri dalam mengatasi kendala pembelajaran kelas, bertindak
secara lebih tepat guna di kelas, dan meningkatkan keberhasilan pembelajaran
kelas; 2) membantu guru menyadari potensi baru untuk melakukan tindakan guna
meningkatkan kualitas kerja.
Demikian informasi mengenai Rencana Tindakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dapat Penulis sampaikan pada kesempatan
ini. Semoga Bermanfaat.
Labels:
Pe Te Ka
Thanks for reading Rencana Tindakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Please share...!
0 Komentar untuk "Rencana Tindakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK)"