Pengertian Pendidikan Nonformal Menurut Para Ahli

Pendidikan Nonformal dapat diartikan secara beragam tergantung dari sudut pandang mana pendidikan nonformal itu ditinjau. Mengenai pegertian pendidikan nonformal, banyak tokoh pendidikan yang turut mengartikan atau mendefinisikan dari sudut pandang keilmuannya masing-masing.

Philip H.Coombs
Menurut Philip H.Coombs, Pendidikan Non Formal adalah setiap kegiatan pendidikan yang terorganisir yang diselenggarakan diluar system formal, baik tersendiri maupun merupakan bagian dari suatu kegiatan yang luas, yang dimaksudkan untuk memberikan layanan kepada sasaran didik tertentu dalam mencapai tujuan-tujuan belajar.

Soelaman Joesoef
Menurut Soelaman Joesoef, Pendidikan Non Formal adalah setiap kesempatan dimana terdapat komunikasi yang terarah di luar sekolah dan seseorang memperoleh informasi, pengetahuan, latihan maupun bimbingan sesuai dengan tingkat usia dan kebutuhan hidup, dengan jutuan mengembangkan tingkat keterampilan, sikap dan nilai-nilai yang memungkinkan baginya menjadi peserta-peserta yang efesien dan efektif dalam lingkungan keluarga, pekerjaan bahkan lingkungan masyarakat dan negaranya.

Russel Kleis
Menurut Russel Kleis, Pendidikan Luar Sekolah adalah usaha pendidikan yang dilakukan secara sengaja dan sistematis. Biasanya pendidikan ini berbeda dengan pendidikan tradisional terutama yang menyangkut waktu, materi, isi dan media. Pendidikan luar sekolah dilaksanakan dengan sukarela dan selektif sesuai dengan keinginan serta kebutuhan peserta didik yang ingin belajar dengan sungguh-sungguh.
Axinn
Menurut Axinn, Pendidikan Luar Sekolah adalah kegiatan yang ditandai dengan kesengajaan dari kedua belah pihak, yaitu pendidik yang sengaja membelajarkan peserta didik, dan peserta didik yang sengaja untuk belajar.

Suzanna Kindervatter
Menurut Suzanna Kindervatter, Pendidikan Luar Sekolah adalah suatu metoda penerapan kebutuhan, minat orang dewasa dan pemuda putus sekolah di negara berkembang, membantu dan memotivasi mereka untuk mendapatkan keterampilan guna menyesuaikan pola tingkah laku dan aktivitas yang akan meningkatkan produktivitas dan meningkatkan standar hidup.

Philip H.Coombs
Menurut Philip H.Coombs, Pendidikan Luar Sekolah adalah semua kegiatan pendidikan yang terorganisasi, sistematis dan dilaksanakan di luar sistem pendidikan formal, yang menghasilkan tipe-tipe belajar yang dikehendaki oleh kelompok orang dewasa maupun anak-anak.

Adikusumo
Menurut Adikusumo, Pendidikan Luar Sekolah adalah setiap kesempatan dimana terdapat komunikasi yang teratur dan terarah di luar sekolah, dimana seseorang memperoleh informasi-informasi pengetahuan, latihan ataupun bimbingan sesuai dengan usia dan kebutuhan hidupnya dengan tujuan mengembangkan tingkat kerterampilan, sikap-sikap peserta yang efisien dan efektif dalam lingkungan keluarga bahkan masyarakat dan negaranya.

Sudjana
Menurut Sudjana, Pendidikan Luar Sekolah adalah setiap kegiatan belajar membelajarkan, diselenggara-kan luar jalur pendidikan sekolah dengan tujuan untuk membantu peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi diri berupa pengetahuan, sikap, keterampilan, dan aspirasi yang bermanfaat bagi dirinya, keluarga, masyarakat, lembaga, bangsa, dan negara.

Prof. Santoso S. Hamodjojo
Menurut Prof. Santoso S. Hamodjojo, Strategi Pendidikan Luar Sekolah adalah untuk meletakkan sistem yang tangguh untuk menangani pendidikan sepanjang hidup, dengan jalur insidental, informal, nonformal dan formal bagi semua warga negara untuk menggalang masyarakat gemar belajar yang beradab dan demokratis (madani).

Prof. Dr.H. Sutaryat Trisnamansyah
Menurut Prof. Dr.H. Sutaryat Trisnamansyah, Pendidikan Luar Sekolah adalah konsep pendidikan sepanjang hayat yang mengandung karakteristik, bahwa pendidikan tidak berakhir pada saat pendidikan sekolah selesai ditempuh oleh seorang individu, melainkan suatu proses sepanjang hayat, mencakup keseluruhan kurun waktu hidup seorang individu sejak lahir sampai mati.

Suparjo Adikusumo
Menurut Suparjo Adikusumo, Pendidikan Luar Sekolah adalah setiap kesempatan dimana terdapat komunikasi yang teratur dan terarah di luar sekolah, dan seseorang memperoleh informasi, pengetahuan, latihan ataupun bimbingan sesuai dengan usia dan kebutuhan hidupnya dengan tujuan untuk mengembangkan tingkat keterampilan, sikap-sikap dan nilai yang memungkinkan baginya menjadi peserta yang efisien dan efektif dalam lingkungan keluarganya bahkan masyarakat dan warganya.

Demikian sajian informasi mengenai Pengertian Pendidikan Nonformal Menurut Para Ahli yang dapat penulis sampaikan pada kesempatan ini. Semoga Bermanfaat.
Labels: Pendidikan

Thanks for reading Pengertian Pendidikan Nonformal Menurut Para Ahli. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian Pendidikan Nonformal Menurut Para Ahli"

Back To Top